Cara Membedakan Pintu Kayu Mahoni dengan Jenis Pintu Lainnya

Pintu kayu rumah minimalis
Pintu Kayu Rumah Minimalis Tren Tahun 2016
February 15, 2016
pintu kayu modern
Kelebihan Menggunakan Pintu Kayu Modern untuk Rumah Anda
February 25, 2016

Cara Membedakan Pintu Kayu Mahoni dengan Jenis Pintu Lainnya

Pintu kayu mahoni

Pintu kayu mahoniPintu kayu mahoni dikenal memiliki kualitas kayu satu tingkat di bawah kualitas dari pintu kayu jati. Selain itu kemampuan menangkal hama serta ketahanannya dari segi usia masih lebih baik pintu kayu jati. Ada satu kelebihan dari pintu yang dibuat dari kayu mahoni, yaitu dari segi harganya yang lebih murah. Selain itu apabila bahan kayu mahoni diolah sedemikian rupa menjadi kusen pintu secara benar dan baik, penggunaan bahan kayu alternatif ini tidak kalah kualitas serta ketahanannya dengan kayu jati.

Kayu mahoni bernama latin yaitu Swietinia mahagoni dan asal tanaman ini dari daerah tropis. Tetapi di benua Eropa ternyata bahan kayu ini menjadi favorit dan sangat terkenal, jauh sebelum kayu jati memasuki benua Eropa. Ada beberapa ciri khas yang bisa membedakan antara kayu mahoni dengan jenis kayu lainnya, berikut ini di antaranya:

–       Dari segi warna, bagian tengah atau teras kayu mahoni warnanya merah muda pucat, ada pula yang warnanya sampai merah tua atau merah hati. Semakin tua warnanya akan semakin kemerahan. Biasanya dijumpai pada pohon mahoni yang umurnya lebih dari dua puluh lima tahun. Pada bagian tepi pohon biasanya berwarna putih.

–       Bagian serat kayu mahoni mempunyai serat yang terpadu dan lurus.

–       Tekstur dari kayu mahoni terasa halus dan tampak berpori-pori kecil.

Karena kayu jati mulai terbatas ketersediaannya dan harganya juga semakin langka dan mahal, maka banyak masyarakat kini mulai menggunakan kayu mahoni sebagai alternatif menjadi pintu kayu mahoni. Selain pintu kayu atau furnitur, kayu mahoni juga dibuat menjadi bentuk aplikasi lain seperti konstruksi alat musik dan perahu karena kekuatannya serta tampilannya yang menarik dan indah. Banyak tukang kayu yang menyukai jenis kayu mahoni karena sifatnya bahannya yang mudah dipotong dan mudah dikerjakan untuk tujuan dekoratif, kemudian tampak serat-serat menarik yang unik, bisa dipaku dengan mudah dan kuat, diampelas dan juga diwarnai serta dapat dipelitur dan finishing supaya mengkilat. Hasil akhirnya tentu sebuah pintu kayu mahoni yang kokoh dan gagah, serta harganya bisa melambung naik setelah diolah dengan baik. Tentu hal ini bisa menarik minat beli konsumen serta penghasilan dari pengrajin pintu kayu. Penggarapan dari kayu mahoni juga cepat serta pemotongannya bisa sangat halus dan sangat cantik bila diukir dengan kerumitan tertentu.

Kayu mahoni juga terkenal akan kualitas kayunya yang tidak gampang bengkok dan mudah dibersihkan tanpa harus merusak tekstur serta struktur kayunya. Untuk pengerjaan bentuk lengkungan atau sudut kurva harus digarap dengan penuh kehati-hatian serta ketelitian dengan bantuan uap. Struktur kayunya yang kaku dan keras cocok untuk pengerjaan vertikal ataupun model horizontal seperti contohnya pintu kayu mahoni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 wp_enqueue_script( 'google-maps', '//maps.googleapis.com/maps/api/js?key=AIzaSyA7b5JyDomBd9t28-qqrPezViYuCBYhNT0&sensor=false' );
error: Content is protected !!
//]]>